-->
BLANTERWISDOM101

Kisi Kisi Soal Pendidikan Agama Hindu K13 untuk SMP dan SMA/SMK Tahun Pelajaran 2019/2020

Sunday, January 19, 2020



Kisi-kisi  soal adalah suatu gambaran tentang soal-soal yang akan dibuat. Kisi-kisi soal juga  merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan pada jenjang sekolah tertentu. Bentuknya adalah sebuah tabel yang memuat tentang segala rincian materi  soal yang ditentukan oleh penyusun soal. Pada tabel tersebut  diisi dengan bilangan yang menunjukkan nomor soal dan jumlah soal.

Kisi-kisi  soal merupakan sebuah  format berupa matriks yang berisi informasi  lengkap yang menjadi pedoman pada saat  membuat soal atau menyusun soal menjadi suatu tes kemampuan peserta didik.  Ruang lingkup kisi-kisi memuat isi materi yang akan diujikan. Adapun tujuan dari penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal.
  1. Panduan/pedoman dalam penulisan soal  yang hendak disusun Pedoman penulisan soal meurupakan aspek tepenting ketika guru hendak memberikan soal kepada siswa, pedoman tersebut akan menjadi acuan bagi guru dalam penulisan soal sehingga akan memudahkan dalam pembuatan soal.
  1. Penulis soal akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes. Tes merupakan bahan evaluasi guru terhadap keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran yang disampaikan, guru dalam mengevalusi peserta didik akan memberikan soal tes evaluasi yang bermacam-macam sesuai dengan tujuan pencapaian evalusi terhadap pembelajaran tertenu. Dalam pembuatan soal yang menggunakan kisi-kisi, penulis akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.
  1. Penulis soal yang berbeda akan menghasilkan perangkat soal yang relatif sama, dari segi tingkat kedalamannyas segi cakupan materi yang ditanyakan. Penulisan kisi-kisi berfungsi untuk menselaraskan perangkat soal, sehingga hal ini juga akan mempermudah dalam proses evaluasi.
  1. Kisi-kisi harus dapat mewakili isi silabus/kurikulum atau materi yang telah diajarkan  secara tepat dan proporsional.
  1. Komponen-komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami.
  1. Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya.
Bagi Anda yang membutuhkan kisi kisi Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 untuk Kelas XII  Jenjang SMA/SMK Silahkan download pada link di bawah ini.


Fungsi khusus dari kisi-kisi USBN antara lain:



Syarat Kisi-Kisi


Manfaat Kisi-Kisi

Manfaat kisi-kisi yaitu sebagai pedoman dalam penulisan soal atau dalam merakit soal menjadi suatu tes. Manfaat lain dari kisi-kisi ialah untuk menjamin sampel soal yang baik, dalam arti mencakup semua pokok bahasan secara proporsional. Agar item-item atau butir-butir tes mencakup keseluruhan materi (pokok bahasan atau sub pokok bahasan) secara proporsional, maka sebelum menulis butir-butir tes terlebih dahulu kita harus membuat kisi-kisi sebagai pedoman. Sebuah kisi-kisi memuat jumlah butir yang harus dibuat untuk setiap bentuk soal dan setiap pokok bahasab serta untuk setiap aspek kemampuan yang hendak diukur.


Pada kesempatan ini admin akan membagikan kisi kisi soal Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 untuk  Kelas IX Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Kelas XII untuk  Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 



Bagi Anda yang membutuhkan kisi kisi Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 untuk Kelas IX Jenjang  SMP silahkan download pada link di bawah ini.


Demikianlah Kisi kisi soal USBN Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti yang dapat admin bagikan semoga bermanfaat untuk Bapak/Ibu Guru dan peserta didik SMP dan SMA/SMK.
Share This :

4 comments

  1. sudah bagus. tapi tolong lengkapi lagi kisi-kisinya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete