-->
BLANTERWISDOM101

Kisi Kisi Soal USBN SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020

Monday, January 13, 2020


Pada awal bulan Januari 2020 dunia pendidikan Indonesia memasuki Semester 2 atau Semester Genap.. Siswa siswi tingkat akhir dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) yakni kelas VI, Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTS) yaitu kelas IX, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah (MA) yaitu kelas XII akan menghadapi   Ujian Semester Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ujian Nasional sendiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem ada wacana akan dihilangkan dan diganti dengan Asesmen yang akan mulai dilaksanakan pada tahun 2021.
      Untuk jenjang SD/MI UN hanya meliputi 3 (tiga) mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), sedangkan untuk jenjang SMP/MTS  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  meliputi pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan Bahasa Inggris dan SMA/SMK/MA meliputi  mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan satu mata pelajaran jurusan
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menetapkan jadwal resmi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020 tahun ajaran 2019/2020. Jadwal ujian secara urut dimulai dari jenjang SMK, SMA, dan SMP.
Berikut ini adalah jadwal yang telah ditetapkan:
1. Jadwal UNBK SMK/MAK: Senin, 16 Maret 2020 sampai 19 Maret 2020
  • Materi yang diujikan: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Teori Kejuruan
2. Jadwal UNBK SMA/MA/SMAK/SMTK/Utama Widya Pasraman: 30 Maret 2020 sampai 2 April 2020
  • Materi yang diujikan: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, satu mata pelajaran jurusan yang diujikan
3. Jadwal UNBK SMP/MTs: 20 April 2020 sampai 23 April 2020
  • Materi yang diujikan: Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, Bahasa Inggris
4. Jadwal UNKP SMK/MAK: 16 Maret 2020 sampai 19 Maret 2020
5. Jadwal UNKP SMP/MTs dan SMPLB: 20 April 2020 sampai 23 April 2020

Untuk USBN tingkat SD/MI direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 2-4 Mei 2020. Sedangkan untuk USBN susulan akan dilakukan setelah USBN utama selesai dilakukan, yaitu pada tanggal 6 Mei – 8 Mei 2020
      Dengan adanya kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) guru diharapkan dapat mempersiapkan ketuntasan pembelajaran pada masing-masing satuan pendidikan. Sedangkan manfaat bagi siswa-siswi adalah agar siswa-siswi dapat belajar dengan efektif dan menghemat waktu. 
      Bagi anda yang membutuhkan kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)  untuk jenjang SD/MI mata  pelajaran  Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA dapat di download pada tautan dibawah ini:

Klik pada link berikut:


Bahasa Indonesia

 



Matematika





IPA




Terima kasih semoga bermanfaat untuk para guru selamat mempersiapkan peserta didik agar lulus ujian dengan hasil sesuai target yang diharapkan. Untuk siswa siswi selamat belajar semoga lulus dengan hasil yang memuaskan demi menggapai cita-ita.
Share This :

4 comments

  1. bukannya ujian nasional akan dihapuskan oleh pemerintah??

    ReplyDelete
  2. Rencana pemerintah akan menghapus UN tahun 2021

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete