-->
BLANTERWISDOM101

Cara Cek dan Mencetak NUKS atau NRKS Secara Online

Saturday, March 21, 2020


Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) adalah nomor unik yang didapat guru yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah setelah dinyatakan lulus mengikuti Diklat Calon Kepala Sekolah/Madsrasah atau Diklat Penguatan Kepala Sekolah. Diklat Calon Kepala Sekolah dan Diklat Penguatan Kepala Sekolah diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah  (LPPCKS).

Peserta Diklat Calon Kepala Sekolah yang lulus mengikuti diklat akan menerima Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTP). STTP tersebut beserta format hasil selesksi administrasi dan seleksi akademik  kemudian dikirim ke Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) untuk diverifikasi. Apabila seluruh dokumen dinyatakan memenuhi kiteria kelayakan LPPKS akan mengeluarkan Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) atau sekarang dikenal dengan Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS). Tahap berikutnya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kependidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP PMP) akan menerbitkan Sertifikat Kepala Sekolah.

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru dan Kepala Sekolah menyatakan Kepala Sekolah yang belum memiliki NUKS atau NRKS tidak dapat menerima tunjangan sertifikasi, tidak dapat menandatangani ijasah dan tidak dapat menerima Bantuan Operasional Sekolah.

Mengingat pentingnya arti NUKS atau NRKS bagi kepala sekolah, kali ini admin akan membagikan Cara Melihat Nomor NUKS atau Nomor Registrasi Kepala Sekolah dan Mencetak lembar NRKS (Nomor Registrasi Kepala Sekolah) secara online.
Langkah langkahnya sebagai berikut:
1. Buka laman Sim Nomor Registrasi Kepala Sekolah  lppks.kemdikbud.go.id/sttpp        selanjutnya Klik Menu Cari STTPP


2. Pada Menu Cari STTPP terdapat pilihan mencari dengan memasukkan NIP/NUPTK/NRKS, berdasarkan Nama atau berdasarkan Wilayah.
Silahkan pilih salah satu, Masukkan datanya dan Klik Menu Cari Sekarang


3. Muncul keterangan Nama Kepala Sekolah, Tempat Tugas, NRKS dan Status Diklat yang diikuti



4. Agar dapat mencetak lembar NRKS Klik Menu Detail



5. Pada Detail Data Kepala Sekolah Klik Menu Cetak



6. Akan terbuka halaman baru mendownload lembar NRKS. Hasil download berbentuk file Pdf yang dapat di print out.



Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) berubah menjadi  Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS) dapat dilihat pada Daftar Perubahan Aplikasi Dapodik Terbaru.
Pada Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2020.b pada poin 13 terdapat informasi sebagai berikut:


Demikianlah Cara Melihat Nomor NUKS atau Nomor Registrasi Kepala Sekolah dan Mencetak lembar NRKS (Nomor Registrasi Kepala Sekolah) secara online  yang dapat admin bagikan semoga bermanfaat.
Share This :
I Wayan Sutejo

Guru Pendidikan Agama Hindu Asal Palembang, Sumatera Selatan

0 comments