-->
BLANTERWISDOM101

Cara Mudah Membuat Akun PTK dan Cara Login Info GTK Menggunakan Akun PTK

Thursday, March 19, 2020


Sejak tanggal 12 Maret 2020 Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang sudah bersertifikat pendidik  dapat melihat Status Validasi Tunjangan Profesi Guru sebelum diterbitkannya Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) Guru. Status Valid atau Tidak Valid menentukan cair atau tidak tunjangan profesi guru. Status Validasi Tunjangan Profesi Guru  disebut Informasi Guru dan Tenaga Kependidikan atau biasa disingkat Info GTK berisi rincian data individu guru dan tenaga kependidikan yang bersumber dari data yang telah diinput melalui Aplikasi Dapodikdasmen oleh Operator Sekolah.

Untuk mengakses Status Validasi Tunjangan Profesi Guru di Info GTK pada periode sebelumnya yaitu menggunakan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)/Nomor Registrasi Guru (NRG)/Nomor Induk Kependudukan (NIK) passwordnya adalah tanggal lahir PTK yang bersangkutan pada laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Selain itu  info GTK juga dapat diakses melalui Dapodikdasmen pada Laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan Akun dan Password Dapodik.
Panduan Cara Melihat Status Validasi di Info GTK dapat dibaca dengan mengunjungi  Cara Cek Info GTK melalui Dapodikdasmen 

Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 Info GTK juga dapat diakses menggunakan Akun PTK masing masing untuk login pada Info GTK. Akun PTK dapat dibuat oleh PTK yang bersangkutan atau dapat juga dibuatkan oleh Operator Sekolah. Selain dapat digunakan untuk mengakses Validasi Tunjangan Profesi Guru pada Info GTK, Akun PTK juga dibutuhkan ketika akan menginput Kenaikan Pangkat, Kenaikan Gaji Berkala dan keperluan edit data lainnya pada Aplikasi Dapodikdasmen. Karena itu wajib hukumnya seorang PTK mempunyai Akun PTK yang diinputkan pada Aplikasi Dapodikdasmen.

Mengingat pentingnya Akun PTK tersebut maka kali ini admin akan membagikan Cara Membuat Akun PTK dan Cara Login pada Info GTK menggunakan Akun PTK. Sebelum membuat Akun PTK pada Aplikasi Dapodikdasmen, PTK yang bersangkutan atau Operator Sekolah harus sudah menyiapkan email dan password yang akan digunakan sebagai Akun PTK tersebut. Langkah langkah membuat Akun PTK adalah sebagai berikut:
1. Login pada Aplikasi Dapodikdasmen, Masukkan Akun dan Password Dapodik lalu Klik Masuk


2. Klik pada Menu GTK kemudian Klik Guru atau Tendik yang akan dibuatkan Akun PTK


3. Sorot nama Guru atau Tendik yang akan dibuatkan akun selanjutnya Klik Menu Ubah



4. Scroll ke bawah cari Menu Kontak dan masukkan Email yang akan dijadikan akun PTK lalu Klik Simpan


5. Kembali ke Menu GTK lalu Klik Menu Penugasan


6. Klik Menu Buat/Ubah Akun PTK


7. Pada Akun GTK sudah terisi Akun PTK yang sudah dibuat pada langkah No 4. Selanjutnya masukkan Password yang sudah disiapkan dan Ulangi Konfirmasi Password lalu Klik Simpan


8. Pada Menu Penugasan Klik Simpan atau Simpan dan Tutup



9. Lakukan Sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik agar Akun PTK sudah siap digunakan


Untuk melihat Status Validasi Tunjangan Profesi Guru  pada Info GTK menggunakan Akun PTK Langkah langkahnya sebagai berikut:
1. Buka laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/  Masukkan Akun  dan Password yang telah dibuat pada langkah no 4 dan no 7 di atas. Masukkan Kode Captcha yang ditampilkan dan Klik Login


2. Status Validasi Tunjangan Profesi guru akan ditampilkan yaitu Valid atau Tidak Valid.
Jika Status Valid artinya tinggal menunggu terbitnya Surat Keputusan Tunjangan Profesi terbit dan hanya perlu menunggu pencairan. Sedangkan Jika Status Tidak Valid maka perlu perbaikan data pada Aplikasi Dapodikdasmen dan mensinkronkan Aplikasi Dapodikdasmen agar data yang sudah diperbaiki dapat ditarik.


3. Scrool ke bawah cari Verifikasi Tunjangan Profesi. Jika semua data sudah tercentang tanda Cek (√) maka semua data yang diinputkan pada Aplikasi Dapodikdasmen sudah benar. PTK dan Operator Sekolah dapat menarik nafas dengan lega. Lain lagi ceritanya apabila terdapat  data yang tercentang tanda silang (X) maka harus diperiksa data mana yang perlu diperbaiki pada Aplikasi Dapodikdasmen.




Demikianlah Cara Membuat Akun PTK dan Cara Login pada Info GTK menggunakan Akun PTK yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan maupun Operator Sekolah.

Share This :
I Wayan Sutejo

Guru Pendidikan Agama Hindu Asal Palembang, Sumatera Selatan

0 comments